Gearbox Manual Lebih Menarik Dari CVT?

Masih ingatkah Anda tentang sosok All New Toyota 86 yang meluncur Indonesia awal Juni lalu? Memiliki tampilan menawan, bodi ringan, bahan bakar efisien dan mesin lincah, bukankah menjadi mobil impian para sports car mania?

Namun bagi sang produsen, All New Toyota 86 atau lebih sering disebut Toyota GT-86 belum pada tahap sempurna. Produsen Toyota merasa perlu menambahkan aksen baru pada sports car -nya itu.

Dilansir dariautoevolution.com, Toyota Motor Corp berencana melengkapi supercar itu dengan mesin Electric Vehicle (EV) dan gearbox baru. Yup! Kendaraan mewah yang menyomot desain Toyota 2000GT itu, rencananya akan disematkan mesin listrik untuk mendongkrak sektor pacu.

Gearboxmanual sengaja disandingkan dengan mesin listrik, supaya tidak boros baterai namun masih bisa menghasilkan kecepatan tinggi. Pasalnya, gearbox atau transmisi manual kinerjanya mampu menghasilkan performa dan efisiensi bahan bakar dengan sama baiknya.

Hiroyuki Ogawa, Chief Drivetrain Toyota mengakui saat ini GT-86 masih mengandalkan mesin CVT , walaupun disebut belum 'menyenangkan'. "Kami lebih tertarik menggunakan mesin listrik dengan gearbox manual pada GT-86," jelas Ogawa seraya menegaskan, rencana tersebut sudah dalam pengembangan dan diperkirakan akan diwujudkan tiga tahun lagi.

"Kami memprediksi, jika Toyota berhasil mengembangkan mobil listrik bertransmisi manual, sebagian orang yang tidak cocok dengan karaktek GT-86 mesin CVT karena tidak 'fun', bisa tertarik menggunakan atau memilih GT86 EV ini," pungkas Ogawa.

Artikel Terkait




INFORMASI


FAISAL RACHMAN
SALES EXECUTIVE
AUTO 2000
0851-0256-4156
0821-3245-4058

Email : faisal.rachman168@gmail.com

STATISTIK

893062
Pengunjung hari ini : 3
Total pengunjung : 130502
Hits hari ini : 10
Total Hits : 893062
Pengunjung Online : 1