TOYOTA SURABAYA

0856 4820 0663
0851 0256 4156
0821 3245 4058
BBM: 76659D68
Hot News

Berita

CARA MENGATASI FAN BELT BERISIK

Masalah pada mobil bisa terjadi kapan saja, Anda pun kadang kurang menyiapkan diri untuk menghadapi permasalahan ini. Memahami dan mengetahui berbagai tips seputar otomotif sangat penting untuk membantu Anda menangani emergency accident. Seperti halnya menangani fan belt dan AC yang kadang berisik setelah tergenang air hujan hingga banjir.


Fan belt berhubungan erat dengan sistem engine pulley, untuk itulah posisinya berada di bagian bawah mobil. Karena posisi yang tidak menguntungkan inilah, fan belt sering terkena cipratan air atau bahkan tergenang banjir. Masalah suara bising pada belt ini bisa saja muncul sekalipun Anda baru menggantinya. Hal ini disebabkan karena air yang masuk akan membuat karet beltalternator atau AC menjadi kering saat berputar. Terlebih lagi jika air yang masuk merupakan air campuran kotoran dan pasir. Anda pun sebenarnya bisa mengatasi masalah ini dengan berbagai cara.

Cara yang paling sederhana adalah dengan menggunakan cairan pembersih khusus yang dikemas dalam aerosol. Cairan pembersih ini disebut beltdresser atau beltdressing. Produk-produk ini pun sudah banyak tersedia di berbagai toko otomotif dan supermarket. Cara penerapannya pun cukup mudah, Anda hanya perlu menyalakan mesin dan membiarkannya dalam kondisi statik. Kemudian semprotkan cairan pembersih pada bagian belt yang mengeluarkan suara berisik tersebut. Anda bisa menyemprotkannya seperti saat Anda membersihkan karburator atau injektor. Lakukan hal ini secara bertahap dengan dosis pemakaian secukupnya.

Jangan menggunakan penyemprot secara berlebihan hingga menyebabkan belt basah. Bila belt sudah tidak mengeluarkan suara berisik, segera hentikan penyemprotan. Jangan sampai menggunakan terlalu banyak belt dressing hingga membuat kabin mesin menjadi kotor.

Adapun metode lain yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan lilin batangan. Caranya adalah menempelkan lilin ini pada permukaan bagian dalam belt yaitu bagian yang bersinggungan dengan puli. Jika tak ada lilin, Anda bisa menggunakan gemuk (grease) jenis hi-temperatur. Oleskanlah gemuk pada bagian belt menggunakan kuas. Namun, berhati-hatilah saat mengaplikasikan gemuk ini. Penggunaan gemuk yang berlebihan bisa menyebabkan belt menjadi selip. Anda juga bisa menggunakan oli atau pelumas mesin untuk mengganti gemuk.

Apabila ketiga bahan pelumas tadi tidak ada, Anda bisa menggunakan cairan dari campuran air dan sabun. Cairan ini akan mampu menghentikan suara berisik belt meskipun tak akan bertahan lama.

*Melayani test Drive Sienta dan CALYA ,Avanza dll
Paket asik DP super ringan:
AVANZA DP 20JT-AN 
AGYA 16JT-AN
CALYA  16JT-AN
SIENTA 24 JT-AN
RUSH 26JT-AN 
Promo Berlaku Sampai Akhir Tahun 2017
*Free 3 Months Insurance Garda oto 
*Bunga 0%  bayar 6 bulan Paket cash bertahap
Cover area penjualan seluruh jawa jawa timur  sesuai ktp
 Discount spectacular akhir tahun all type Toyota 2017
#Terima tukar tambah-Cash-Kredit

 

FAISAL RACHMAN
SALES EXECUTIVE
AUTO 2000 HR.Muhammad 73 SBY
0851 0256 4156
0821 3245 4058 (WA)
Pin BB :  5E5065B8
Email : faisal.rachman168@gmail.com