Pahami Aki Kering dengan Benar

Apakah Anda sering menggunakan aki kering sebagai sumber utama kelistrikan untuk mobil Anda? Apa yang membuat Anda lebih memilih aki kering daripada aki basah? 



Banyak pengendara lainnya yang juga lebih memilih aki kering ketimbang aki basah sebagai sumber utama kelistrikan. Ada beberapa alasan yang membuat mereka lebih memilih aki kering, salah satu alasan tersebut adalah aki kering lebih relatif bebas perawatan, sehingga membuat mereka tidak harus mengisi ulang cairan asam sulfat. Namun tahukah Anda? Penyebutan aki kering dinilai kurang tepat. Hal ini disebabkan karena semua aki itu pada dasarnya berisi cairan. 

Seperti yang telah dilansir dari situs m.kompas.com, Promotion Manager Yuasa Battery Indonesia, Agustono Santoso, meluruskan istilah aki kering yakni aki kering murni hanya cocok disebut untuk batu baterai, sedangkan semua aki yang digunakan oleh kendaraan bermotor, jelas mengandung unsur cairan di dalamnya. Ia menganggap penyebutan yang dikenal di masyarakat bukan salah namun tidak tepat karena jika dilihat dengan kasat mata, tentu cairan pada aki kering tidak terlihat, bahkan Anda tidak akan merasakan adanya air yang ada di dalam aki kering itu. Namun hal ini bukan berarti aki kering tidak mengandung unsur air di dalamnya. 

Lantas, apa yang menyebabkan cairan yang ada pada aki kering tidak terlihat keberadaannya? Penyebabnya tidak lain dikarenakan separator yang mempunyai sifat mampu menyerap cairan seperti halnya kanvas atau popok bayi. Hal inilah yang membuat penyebutan terhadap aki jenis ini kurang tepat apabila disebut kering namun lebih ideal dengan nama Maintenance Free (MF), seperti lansiran dari situs m.kompas.com. 

Nah, apakah Anda sudah paham dengan benar istilah aki kering? 

 

Artikel Terkait




INFORMASI


FAISAL RACHMAN
SALES EXECUTIVE
AUTO 2000
0851-0256-4156
0821-3245-4058

Email : faisal.rachman168@gmail.com

STATISTIK

893514
Pengunjung hari ini : 32
Total pengunjung : 130531
Hits hari ini : 462
Total Hits : 893514
Pengunjung Online : 1