Toyota Calya, Calon Keluarga Baru MPV Toyota

Di saat mulai marak diperbincangkan mobil Toyota terbaru berformat MPV, kami membuat versi rendernya, yang disebut-sebut akan bernama Calya. Mobil anyar ini menjadi salah satu topik paling menarik perhatian karena dari foto-foto yang beredar, di bagian grille-nya terdapat logo Astra Toyota, serupa dengan produk Low Cost Green Car (LCGC) Toyota Agya yang lahir akhir 2013 lalu. Artinya, mobil ini juga akan berada di skema LCGC layaknya Agya, yang berarti harganya juga diharapkan akan sangat terjangkau.

Berdasarkan informasi-informasi yang beredar di berbagai media Tanah Air, beberapa prediksi telah mengungkapkan seperti apa sosok MPV LCGC yang akan menjadi keluarga baru MPV Toyota ini. Yang pertama adalah kapasitas angkutnya yang mencapai 7 penumpang. Diduga berbasis platform yang sama dengan Agya, artinya mobil ini akan mendapatkan dimensi yang lebih panjang dari Agya yang hanya 3.600 mm. Sebagai perbandingan, produk MPV LCGC pertama dari Datsun, yaitu GO+ Panca memiliki panjang 3.950 mm, dengan kapasitas angkut yang juga 7 penumpang.

Informasi selanjutnya adalah perihal jantung mekanis yang akan menjadi sumber tenaga bagi Calya. Berdasarkan data laman status Tanda Pendaftaran Tipe Kendaraan Bermotor Kementrian Perindustrian (TPT Online), PT Astra Daihatsu Motor mendaftarkan nama Daihatsu B410RA-GMQFJ 1.2 pada tanggal 11 April 2016 lalu. Mengingat ini adalah kode kendaraan yang diprediksi menjadi calon MPV LCGC kembar lansiran Daihatsu dan Toyota, kami juga memprediksi bahwa Toyota Calya juga akan menggunakan mesin 1,2 liter seperti yang terdapat pada kode kendaraan tersebut. Apalagi aturan pemerintah yang berkaitan dengan LCGC menyatakan bahwa kapasitas mesin maksimum yang diijinkan untuk mesin bensin adalah 1.200 cc.

Perlu diingat bahwa pabrik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia telah memulai produksi mesin keluarga NR pada bulan Maret 2016 lalu. Di sini pula diproduksi mesin 3NR-FE berkapasitas 1,2 liter yang saat ini digunakan oleh hatchback Toyota Etios Valco. Mesin 4-silinder segaris ini telah memiliki teknologi Dual VVT-i serupa dengan mesin Toyota Yaris yang dipasarkan di Thailand. Mesin 16 katup DOHC ini mampu menghasilkan tenaga puncak hingga 86 PS dan torsi maksimal 108 Nm. Untuk mengantarkan daya mesin tersebut ke roda depan, tampaknya Toyota tetap akan mengandalkan pilihan transmisi manual 5-speed dan otomatis 4-speed seperti yang digunakan pada Agya.

MPV baru Toyota ini juga diberitakan akan mendapatkan dua pilihan trim yaitu E dan G yang lebih tinggi. Bukan tidak mungkin Toyota juga akan menyediakan varian lebih tinggi berbalut nama TRD Sportivo, meski bisa saja tidak masuk dalam skema mobil LCGC. Untuk fitur di dalamnya, dengan barpatokan pada fitur yang ditawarkan oleh Agya, maka Calya juga akan mendapatkan penyejuk kabin (AC), sistem audio 2Din, serta untuk jaminan keselamatan adalah hadirnya dual airbag untuk pengemudi dan penumpang depan serta Isofix untuk tempat duduk anak.

Berkenaan dengan banderol harga Calya, berpatokan pada harga Agya varian tertinggi (TRD S A/T) yang mencapai Rp 136,6 juta (on the road Jakarta), informasi yang kami dapatkan, harganya juga akan berkisar di angka ini. Bahkan salah satu sumber kami di dealer utama Toyota di Jakarta menyebutkan jika harganya tidak akan lebih dari Rp 150 juta! Meski begitu, bukan tidak mungkin harga Calya juga akan dimulai lebih murah dibandingkan Agya varian tertinggi. Yang pasti kehadiran MPV baru ini akan semakin menguatkan jajaran MPV keluarga milik Toyota untuk menguasai pasar otomotif Tanah Air.

Artikel Terkait




INFORMASI


FAISAL RACHMAN
SALES EXECUTIVE
AUTO 2000
0851-0256-4156
0821-3245-4058

Email : faisal.rachman168@gmail.com

STATISTIK

894136
Pengunjung hari ini : 52
Total pengunjung : 130588
Hits hari ini : 366
Total Hits : 894136
Pengunjung Online : 2